Themeindie.com

Sabtu, 14 Oktober 2017

Seseorang Harus Berpuasa Sebelum Operasi, Inilah Alasannya

author photo
Alasan seseorang Harus Berpuasa Sebelum Operasi



Mengapa seseorang harus berpuasa sebelum operasi? Puasa adalah salah satu tindakan persiapan sebelum operasi. Ini berkaitan dengan salah satu tahap/proses dalam pelaksanaan operasi itu sendiri yaitu tindakan anestesi atau pembiusan pasien selama berlangsungnya proses pembedahan.

Obat-obat anestesi yang berpengaruh sentral maupun perifer akan menyebabkan anestesi yang bersifat sementara (reversible) dan hanya berlangsung selama obat tersebut masih utuh atau belum dikeluarkan. Sesudah obat tersebut dikeluarkan atau dihancurkan dalam tubuh, keadaan pasien pulih kembali seperti semula.

Salah satu bahaya tindakan anestesi umum adalah terjadinya aspirasi (masuknya/turut terisapnya zat padat atau cairan ke dalam paru/saluran nafas), atau masuknya isi lambung ke dalam paru akibat regurgitasi (keluarnya) isi lambung secara pasif melalui esofagus (kerongkongan) ke faring (tekak) atau muntah (pengeluaran si lambung yang disertai kontraksi lambung akibat refleks kompleks yang diperantarai pusat muntah di medulla oblongata otak).


Baca juga : Makanan sehat pencegah kanker rahim

Aspirasi akibat regurgitasi dan atau muntah ini bisa sangat berbahaya, karena isi lambung dengan pH (derajat keasaman) 2,5 atau kurang yang masuk ke dalam bronchus (cabang tenggorok) akan mengakibatkan terjadinya nekrosis (kematian sel/jaringan) epitel (jaringan penutup permukaannya) dan terjadi sembab jaringan paru-paru dengan alveoli penuh dengan hyaline (zat pembentuk dinding kista), eksudat (bahan yang merembes melalui pembuluh darah pada peradangan) dan sel-sel darah merah. Sebagai akibatnya pertukaran oksigen dan karbondioksida (O2 dan CO2) yang berperan dalam mekanisme pernapasan manusia akan terganggu. Pada awal terjadinya aspirasi mungkin tidak banyak menunjukkan gejala. Tetapi pada beberapa saat kemudian pasien bisa jatuh dalam dalam keadaan yang sangat berbahaya, yaitu disertai sianosis (kulit selaput lendir pucat kebiruan karena kurang oksigen), sesak nafas dan takikardi (frekuensi denyut jantung meningkat/berlebihan) yang dapat menyebabkan kematian. Dalam medis, sindroma masuknya isi lambung ke dalam paru-paru disebut dengan sindroma mendelson.

Faktor-faktor penyebab terjadinya regurgitasi antara lain adalah adanya cairan dalam lambung, akibat tingginya tekanan dalam lambung, letak lambung yang lebih tinggi daripada letak faring dan akibat tekanan intraesofageal yang relatif menurun.Seperti diketahui, makanan yang kita konsumsi, akan tertahan sampai sekitar 6 jam dalam lambung dan untuk kemudian secara bertahap didorong ke usus (duodenum ). Sehingga secara teoritis setelah sekitar 6 jam lambung akan kosong. Kecuali pada ibu hamil, pengosongan lambung berjalan lebih perlahan, dan sebaliknya pada bayi dan anak kecil yang menngonsumsi makanan tidak padat atau porsi makan kecil, waktu pengosongan relatif lebih cepat.

Sedangkan terjadinya muntah pada tindakan anestesi, umumnya terjadi bila waktu induksi tidak lancar/smooth dan waktu pasien mulai bangun. Induksi yang lancar  tanpa gangguan merupakan faktor utama dalam mencegah muntah. Begitu juga pemilihan obat yang digunakan akan turut mempengaruhi induksi. Misalnya penggunaan obat eter, karena bisa merangsang saluran nafas bagian atas dan saluran makan bila masuk lambung sehingga proses induksi tidak dapat lancar dan sering terjadi muntah.


Baca juga :  Kenali Gejala Kanker Payudara Stadium Awal

Untuk mencegah terjadi kemungkinan regurgitasi, muntah atau aspirasi pada tindakan anestesi atau pembedahan, bisa dengan :

  1. Puasa minimal 6 jam. Bila pasien membutuhkan, atau untuk kecukupan cairan atau zat makanan bisa diberikan secara intravena (lewat infus).
  2. Pengosongan isi lambung, dengan merangsang muntah/pemasangan sonde lambung. Dalam prakteknya tindakan ini tidak mudah dan perangsangan muntah sangat tidak disukai pasien. Selain itu, pemasangan sonde hanya bisa mengeluarkan cairan dalam lambung serta merangsang muntah, tetapi untuk makanan padat sukar melalui pipa/sonde dan bahkan bisa menutup pipanya. Sehingga akan bisa menutup keadaan sebenarnya, bahwa lambung yang masih berisi banyak seolah-olah sudah kosong.
  3. Premedikasi (pemberian obat-obatan yang diperlukan pasien untuk dipersiapkan dalam anestesi umum), misal obat antimuntah untuk pencegahan.
  4. Induksi yang lancar dan tenang (dengan pemilihan obat yang tepat dan pemberian perlahan-lahan/smooth).
  5. Penggunaan pipa endotracheal tube, terutama pada keadaan lambung berisi pada operasi mendesak/ cito/darurat.
  6. Crush induction dengan obat-obatan, pemberian oksigen 100% dan lain sebagainya.
  7. Memilih anestesia regional (spinal, lumbal, epidural).
Baca juga : Khasiat dan Manfaat Jahe bagi Kesehatan

Jadi, sudah sangat jelas alasan kenapa seseorang harus berpuasa sebelum operasi. Tindakan tersebut tidak akan membahayakan si pasien.Semoga bermanfaat.

This post have 0 komentar


EmoticonEmoticon

Next article Next Post
Previous article Previous Post

Advertisement